Menulis Personal Statement yang Fulbright Ready

Dear Readers, 


Di depan kampus malah jualan air pusing gimana sih

Alhamdulillah saya sudah menempuh semester pertama di USA. Walaupun dengan nilai yang tidak memuaskan, setidaknya semester ini saya bisa survive disini. Tulisan tentang bagaimana cara bertahan hidup di pendidikan PhD USA akan saya bahas di tulisan lain. Kali ini, saya ingin membagikan pengalaman saya mempersiapkan salah satu dokumen krusial yang dibutuhkan untuk mendaftar ke Fulbright, maupun ke beasiswa lain yang membutuhkan dokumen yang sejenis. Disclaimer! Ini merupakan pengalaman pribadi saya dan tidak menjamin apa yang saya sarankan disini sejalan dengan kebijakan Fulbright. 


Apa itu Personal Statement?

Personal Statement (PS), jika diartikan secara harafiah ke Bahasa Indonesia, adalah pernyataan pribadi. Artinya, tulisan ini harus mampu menyatakan pribadi Dear Readers dan diharapkan menjadi "representasi" kualitas diri sehingga pantas mendapatkan pendanaan untuk sekolah tujuan. Personal statement inilah yang membedakan kualitas para pelamar beasiswa dan kesempatan besar menjadi yang paling menonjol diantara ribuan pelamar lainnya. Bisa saja seorang dengan prestasi yang tidak begitu istimewa, namun dia menyempurnakan PS-nya dengan sangat baik, dapat lebih unggul dari orang dengan segudang prestasi namun menuliskan PS dengan kualitas yang "substandard". Menurut saya pribadi, PS adalah gambaran seberapa kuat Dear Readers mau untuk belajar, bagaimana keuletan serta kemauan untuk sukses, dan meyakinkan para penyandang dana untuk memilih Anda sebagai penerima beasiswa. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa PS adalah hal yang tidak kalah penting dengan variabel-variabel kuantitatif seperti nilai IELTS, GRE, GMAT, TOEFL maupun berbagai macam tes lainnya. Karena para penyeleksi beasiswa memiliki banyak kandidat yang mampu memiliki nilai kuantitatif yang bagus, sehingga mereka ingin mendapatkan 'feel' yang lebih personal dan kualitatif kepada tiap-tiap kandidat sehingga PS dan SO (Study Objective, akan dibahas di tulisan lain) adalah cara untuk menilai kepribadian mereka.   

Apa saja isinya?

Jika kita melihat petunjuk penulisan PS milik Fulbright Scholarship (linknya ini gan), berikut adalah panduannya: 

On a separate sheet of paper, or a separate document in PDF format, provide a narrative statement describing how you have achieved your current goals. (Do not exceed one page single-spaced.) It should not be a mere listing of facts. It should include information about your education, practical experience, special interests, and career plans. Describe any significant factors that have influenced your educational or professional development. Comment on the number of years of practical experience already completed in the field in which academic work will be done in the US. Do not mention specific US universities at which you would like to study. 

Dari kalimat di atas, beberapa informasi yang sangat penting untuk diperhatikan adalah:

Formatting:

  • Ditulis di satu halaman terpisah.
  • Single spaced (saya pribadi memberikan margin 2.5 cm di semua sisi dengan font Times New Roman ukuran 11 sampai 12 pt). 
  • Dalam format .PDF
Isi
  • FIRST AND FOREMOST: INGAT! JANGAN HANYA MENULISKAN FAKTA-FAKTA UMUM DAN PENGALAMAN ANDA SECARA 'LUGU'. Contoh: "I have been an engineer for 5 years." tanpa ada penjelasan yang lebih lanjut dan mendetail, banyak orang yang sudah menjadi insinyur selama 5 tahun, namun apa yang telah anda capai selama 5 tahun itu? 
  • Berdasarkan panduan yang dituliskan, maka PS akan berisi 5 paragraf dengan isi sebagai berikut:
    1. Information about your education
    2. Practical experience
    3. Special Interest
    4. Career Plans
    5. Significant Factors that have influenced your educational and/or professional development. Number of years of practical experience already completed in the field in which academic work will be done in the US. 
  • INGAT! JANGAN MENULISKAN UNIV YANG INGIN ANDA TUJU DI US!

Seperti apa Personal Statement yang saya buat?

Setelah kita tahu isinya, sekarang kita akan membedah isi dari masing-masing paragraf. Tipe paragraf yang saya gunakan sebagian besar adalah deduktif dengan pernyataan yang sangat tegas di awal sebagai inti paragraf, diikuti dengan beberapa kalimat penjelas yang tidak bertele-tele dan menggunakan struktur gramatikal yang jelas. Berikut adalah contoh paragraf pertama saya. Paragraf ini menjelaskan tentang point 1: Information about your education. Disini saya berusaha untuk menuliskan fakta-fakta menarik yang pernah saya alami, dengan motivasi yang kuat dan menonjolkan keunggulan-keunggulan saya, seperti sikap mental yang tangguh dan manajemen waktu yang bagus. Ingat, jangan terlalu meng-hiperbola-kan kalimat yang digunakan dan jangan membual berlebihan. Bumbu boleh diberikan di beberapa kalimat, namun Anda harus bertanggung jawab memberikan cerita yang relevan dengan hidup Anda. Gunakan conjunction word yang bagus dan transisikan ide utama paragraf kedua yang hendak Anda tuliskan dengan memberikan petunjuk di kalimat terakhir.  

Paragraf 1

Di paragraf 2, saya menuliskan tentang pengalaman pekerjaan saya yang relevan dengan jurusan yang saya inginkan saat di USA, Paragraf ini menjawab profil yang diinginkan di poin 2. Jelaskan secara singkat apa saja yang pernah dilakukan selama bekerja dan karya apa sajakah yang dihasilkan. 

Pertanyaan mungkin muncul dari banyak Dear Readers yang masih fresh graduate, bagaimana jika saya tidak memiliki pengalaman kerja? Anda bisa menuliskan pengalaman berorganisasi, lomba-lomba yang diikuti, maupun organisasi profesional yang terkait dengan bidang ilmu para fresh graduate. Dengan demikian, maka sangatlah penting untuk memiliki portofolio kegiatan ekstrakulikuler selama berkuliah. Namun jangan dianggap bahwa kegiatan ekstrakulikuler adalah segalanya. Anda juga harus mencantumkan pengalaman profesional Anda seperti magang dan kerja praktik, serta Anda harus mampu merangkum perkuliahan yang ditempuh dalam 4 tahun dalam 2-3 kalimat. Tugas Akhir juga dapat Anda cantumkan, namun harus dalam bahasa yang bisa dimengerti oleh mayoritas orang. Karena reviewer PS Anda bisa jadi bukan orang yang memiliki bidang yang sama dengan Anda. 

Contoh: Tugas akhir Anda sangat spesifik yang berjudul "Design of Blast Resistant Plate for Ballistic Type Submarine Vessel at Maximum Working Pressure". Jika Anda menuliskannya dengan tulisan yang 'lugu' seperti judul di atas, reviewer hanya akan mengernyitkan dahi dan meletakkan tulisan Anda pada paper shredder. Namun jika Anda menulis dalam bahasa yang mudah dimengerti seperti "My final project is to design an innovative submarine vessel that will still work at 1000 m depth even it is get an explosion." akan lebih menarik dan dapat dimengerti oleh reviewer. Paragraf ini akan memberikan justifikasi kepada reviewer sejauh mana pengalaman dan pemahaman Anda terkait dengan keilmuan yang akan diambil. Anda sekali lagi tidak boleh menceritakan kejadian fiktif maupun hiperbola, apalagi jika tulisan Anda tidak tercantum di CV. Contoh di bawah ini merupakan paragraf yang saya tulis untuk aplikasi Fulbright saya, namun saya pribadi berpendapat bahwa tulisan saya di bawah ini masih terlalu spesifik sehingga tidak banyak orang yang paham dengan terminologi yang terlalu teknikal. Namun mungkin karena saya melamar untuk PhD, dimana riset untuk PhD adalah sangat spesifik, maka hal ini masih dapat diterima. Kalimat terakhir paragraf dua harus bisa 'nyambung' dengan paragraf ketiga, terutama yang berkenaan dengan: bagaimana pengalaman Anda membentuk ketertarikan pada bidang keilmuan tertentu yang nantinya akan dipelajari di US. 


Paragraf 2: saya masih terlalu banyak menuliskan kalimat yang terlalu spesifik

Paragraf 3 menjawab pertanyaan tentang special interest. Di paragraf ini, ide utamanya adalah menyatakan keinginan mempelajari keilmuan tertentu yang didukung oleh pengalaman Anda yang sudah tertulis di paragraf 2. Disini saya juga menyelipkan jawaban dari pertanyaan tentang number of years of practical experience. Di paragraf ini saya menggunakan gaya paragraf induktif, dimana saya memberikan contoh-contoh riset sebelum saya memberikan pernyataan yang jelas tentang riset apa yang ingin saya lakukan. Contoh yang saya berikan mungkin sulit dipahami oleh Dear Readers yang tidak berkecimpung di bidang ini, karena saya tidak mampu memberikan contoh yang lebih umum daripada yang saya tuliskan. 

Ide lain yang bisa digunakan misalnya setelah Anda memberikan gagasan pokok paragraf yang terkait dengan special interest, Anda bisa memberikan contoh negara lain yang sukses menerapkan riset tersebut dan bagaimana Indonesia dapat menerapkan riset tersebut tentunya dengan modifikasi yang dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan lokal. Atau bagaimana kebermanfaatan riset tersebut ke Indonesia dan bagaimana jalan panjang penelitian tersebut dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat. 

Paragraf 3: Special interest, sangat spesifik karena saya melamar untuk PhD

Paragraf 4 berisi tentang career plan serta bagaimana cara Anda mencapainya. Ingat bahwa menetapkan target harus S.M.A.R.T 
S     = Specific
M    = Measurable
A     = Achievable
R     = Realistic
T     = Time limited

Anda harus menetapkan target kita secara spesifik dan terukur. Anda juga harus menjelaskan bahwa target Anda dapat dicapai dan elaborasikan bagaimana cara Anda mencapainya. Sebagai pribadi, Anda harus membuat target Anda setinggi mungkin, namun harus tetap realistis melihat bagaimana cara Anda mencapainya dan apakah cara itu masuk akal. Anda juga harus menjelaskan manfaat apa yang ingin Anda berikan jika target tersebut terpenuhi, sehingga para reviewer merasa pantas memberikan investasinya kepada Anda. Terakhir, target tersebut harus secara gamblang dijelaskan berapa lama akan diraih. 

Tutup paragraf ini dengan kalimat yang kuat tentang bagaimana kualitas diri Anda, target Anda kedepan dan apa yang ingin Anda capai semuanya sangat penting dan "worth the money" sehingga tidak ada alasan bahwa reviewer tidak menerima Anda sebagai kandidat penerima beasiswa. 

 
Paragraf 4: Career plans dan penutup


Bagaimana cara menyempurnakan Personal Statement?

Persiapkan jauh hari! Percaya atau tidak, tulisan yang terlihat sederhana di atas adalah hasil saya menyempurnakan PS selama lebih dari 1 tahun! Puluhan versi yang sudah saya buat dan setiap iterasi yang saya lakukan, akan selalu saya konsultasikan ke banyak orang. Perbanyaklah jaringan dengan para penerima beasiswa yang sudah terbukti berhasil dan asistensikan tulisan Anda ke mereka, karena itulah yang saya lakukan dalam setiap penyempurnaan PS dan SO. 

Grammar Grammar Grammar! Jika Anda tidak percaya diri dengan struktur gramatikal pada tulisan Anda, asistensikan pada orang-orang yang ahli di bidangnya. Contohnya adalah kawan-kawan Anda yang sedang belajar atau sudah lulus jurusan Bahasa Inggris, atau gunakan aplikasi grammar check seperti grammarly. 

Referensi. Carilah banyak referensi dari orang-orang yang berpengalaman, Anda dapat meminta PS para jaringan Anda yang sudah diterima duluan. Atau Anda bisa melihat banyak contoh di internet. Contohnya adalah tulisan ini. 


Dear Readers, 

Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Insya Allah semua doa dan kerja keras Anda semua dikabulkan oleh Sang Pemberi Rezeki. Tetap semangat! 


Comments

Popular Posts